Anugerah “Primaniyarta 2020”: Jokowi Hadir Hormati Pemenang

Agenda Baru Fit Afiat LEISURE TIME MOMENTUM Podium

Fokuskini – Kementerian Perdagangan kembali memberikan penghargaan Primaniyarta 2020 kepada para eksportir yang telah berjasa meningkatkan devisa negara, khususnya di masa pandemi Covid-19. Dijadwalkan penyerahan langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo melalui penyelenggaraan Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition 2020 pada Selasa (10/11/2020 bertepatan dengan Hari Pahlawan.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para eksportir yang bertahan, serta tetap semangat dalam meningkatkan nilai dan kinerja ekspor. Pandemi dapat menjadi peluang bagi eksportir untuk mengembangkan bisnis dan tetap optimis,” ungkap Menteri Perdagangan Agus Suparmanto lewat keterangannya.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan mengungkapkan, Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah Indonesia untuk para eksportir berprestasi dalam meningkatkan nilai ekspornya secara berkesinambungan.

“Penghargaan ini bertujuan mendorong pertumbuhan jumlah pelaku ekspor tangguh dan berdaya saing, sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi bagi pelaku ekspor lainnya,” ungkapnya.

Giat anugerah Primaniyarta mulai diselenggarakan pada 1992. Sejak 2008, gelar penghargaan ini diberikan untuk empat kategori yaitu kategori eksportir berkinerja, kategori eksportir pembangun merek global,
kategori eksportir potensi unggulan, dan kategori eksportir pelopor pasar baru.

Tahun 2020 merupakan pelaksanaan Primaniyarta ke-22, dengan hanya ada dua kategori penghargaan, yaitu kategori eksportir berkinerja dan kategori eksportir potensi unggulan karena situasi pandemi Covid-19.

Calon pemenang diseleksi dengan meninjau segi kepatuhan dalam perpajakan, kepabeanan, ketenagakerjaan, perbankan, pemeliharaan lingkungan, serta tanggung jawab sosial.

Proses penjurian Primaniyarta dilakukan secara virtual. Dewan juri berasal dari pihak pemerintah, pengamat ekonomi, praktisi bisnis, jurnalis/media, serta akademisi.

Pada proses ini, variabel yang dinilai oleh Dewan Juri adalah kemampuan perusahaan dalam meningkatkan ekspor, diversifikasi produk dan pasar, strategi saat krisis, serta persaingan yang meningkat.

Selain itu, terdapat persyaratan khusus yang menjadi nilai tambah seperti kelengkapan perizinan, tren prositif ekspor minimal tiga tahun terakhir, nilai ekspor lebih besar dibanding nilai impor bahan baku, nilai ekspor lebih besar dari penjualan domestik.

Para Pemenang Penghargaan Primaniyarta 2020

Kategori Eksportir Berkinerja:

PT Pupuk Kalimantan Timur

PT Sekar Bumi Tbk

PT Prima Copper Industri

PT Astari Niagara Internasional

PT Omron Manufacturing of Indonesia

PT Primayudha Mandirijaya

PT Alfo Citra Abadi

PT Ori Ginalnest Indonesia

PT Petrokimia Gresik

Kategori Eksportir Potensi Unggulan:

PT Bina Niaga Multiusaha

PT Out of Asia

PT Zenith Allmart Precisindo

PT Findora Internusa

CV Omyra Global Resources

PT Indah Desain Indonesia

CV Decorus

PT Selektani Induk Usaha

PT Paradise Island Furniture

PT Indoexim International

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

68 − = sixty two