PSSI Bukan Asal Comot Pemain Naturalisasi

Agenda Baru LEISURE TIME MOMENTUM Podium TakTik

Fokuskini – PSSI melalui sekretaris jenderalnya, Yunus Nusi menyatakan pihaknya sama sekali tidak sembarangan dalam memproses para pemain naturalisasi untuk keperluan memperkuat perjuangan tim nasional Indonesia di kompetisi internasional.

“(Terkait permintaan pelatih Shin Tae-yong) PSSI bergerak cepat memproses naturalisasi pemain yang memiliki darah Indonesia. Kami harus hati-hati melakukan hal tersebut, karena yang utama harus ada rekomendasi dari Shin Tae-yong sendiri,” terangnya.

Saat ini, PSSI sedang memproses empat pemain berdarah Indonesia lainnya yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Kevin Diks dan Mees Hilgers. Proses naturalisasi pemain memang tidak gampang, perlu waktu dalam proses administrasinya dengan data dokumen lengkap.

“PSSI juga mengecek dokumen para pemain ini apakah benar memiliki darah Indonesia. Karena bila dokumennya nihil, atau tidak diakui FIFA bisa saja kasus Marc Klok terulang. Saat itu dia tidak bisa membuktikan bahwa dirinya keturunan Indonesia,” tambah Yunus Nusi.

PSSI juga menunjuk salah satu anggota Komite Eksekutif yakni Hasani Abdulgani untuk mengurusi masalah naturalisasi pemain secara akurat. Timnas Indonesia akan bertanding di Piala AFF Suzuki yang masih tertunda dari tahun lalu dengan pengagendaan ulang mulai 5 Desember 2021 nanti hingga 1 Januari 2022 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 1 =