Boris Johnson Sarankan Rusia Jangan Jadi Tempat Final Liga Champions

Agenda Baru Fit Afiat Layar Info LEISURE TIME MOMENTUM Podium TakTik

Fokuskini – Asosiasi sepakbola Eropa, UEFA tengah berada di bawah tekanan untuk memindahkan lokasi final Liga Champions Eropa dari Rusia.

Empat tim Inggris – Chelsea, Liverpool, Manchester City dan Manchester United – berada di babak 16 besar kompetisi sepakbola tahunan, dengan agenda pelaksanaan final yang menurut rencana dimainkan di stadion Gazprom Arena, St Petersburg, Rusia pada 28 Mei nanti.

Namun, di saat situasi berbahaya soal peningkatan ketegangan antara Rusia dan Ukraina, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyarankan agar Rusia dibatalkan sebagai tuan rumah final.

Mengutip laporan sky news, UEFA masih mengadakan pembicaraan internal tentang kemungkinan memindahkan lokasi pertandingan final, tetapi belum ada keputusan yang diambil. Saat ini “tidak memiliki rencana” untuk mengubah tempat, tetapi “terus-menerus memantau situasi dengan cermat”.

Johnson pada hari Selasa tadi memperingatkan “Rusia yang lebih terisolasi,” menyusul “invasi baru” di Ukraina, serta melarangnya mengadakan pertandingan sepakbola internasional.

Johnson mengatakan kepada anggota parlemen tentang “Tidak ada kesempatan untuk mengadakan turnamen sepakbola di negara Rusia yang menyerang negara-negara berdaulat”.

Final Liga Champions telah disponsori oleh Gazprom, perusahaan gas negara Rusia, sejak 2012 – dan pada tahun yang sama Ukraina menjadi tuan rumah bersama Kejuaraan Eropa dengan Rusia.

Logo perusahaan dihapus dari festival bermerek UEFA di jalan utama Kyiv ketika final Liga Champions 2018 dipentaskan di ibukota Ukraina.

UEFA telah memisahkan skuad Ukraina dan Rusia dalam undian untuk mencegah mereka bermain satu sama lain sejak negara Beruang Merah itu mencaplok Semenanjung Crimea pada 2014 lalu.

Laga final Liga Champions sempat diundur dalam dua musim terakhir akibat pandemi COVID-19.

Dalam pada itu UEFA juga sedang dalam pembicaraan dengan pihak klub sepakbola Dynamo Kyiv (Ukraina) dan Sporting Lisbon (Portugal) mengenai pertandingan babak 16 Besar Youth League , yang dijadwalkan berlangsung di ibukota Ukraina pada 2 Maret mendatang.

Rusia juga dijadwalkan menjamu Polandia dalam playoff Piala Dunia FIFA pada 24 Maret 2022, sementara Ukraina menghadapi Skotlandia di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ sixty = 63