Piala Dunia FIFA 2022: Sah, Gol Ke-2 Jepang di Gawang Spanyol

Layar Info LEISURE TIME MOMENTUM Podium Saring Sepekan TakTik

Fokuskini – FIFA menegaskan gol kedua Jepang dalam kemenangan mengejutkan mereka di Piala Dunia tahun ini atas Spanyol adalah sah “berdasarkan bukti yang tersedia”, dan menambahkan keterangan tentang beberapa gambar yang dibagikan secara online justru “menyesatkan”.

Ao Tanaka mencetak gol dari jarak dekat untuk memberi Jepang keunggulan 2-1, tetapi gol tersebut hanya diberikan setelah tinjauan VAR yang panjang lantaran tampaknya bola sudah keluar dari permainan sebelum Kaoru Mitoma yang bermain untuk Brighton di liga primer Inggris memotongnya dari atas garis samping kanan gawang Spanyol.

Gol tersebut memicu perdebatan besar para pakar di jaringan televisi dan online, bahkan selaku pakar ITV Graeme Souness menuntut FIFA membagikan gambar yang telah digunakan untuk membantu membuat keputusan, dan FIFA secepatnya menjawab dengan menerbitkan dua postingan di akun Twitter resminya sebagai klarifikasi.

“Gol kedua Jepang dalam kemenangan 2-1 mereka atas Spanyol diperiksa oleh VAR untuk menentukan apakah bola keluar dari permainan,” demikian bunyi pernyataan yang pertama dikutip dari Sussex Express.

“Ofisial pertandingan video menggunakan gambar kamera garis gawang untuk memeriksa apakah bola masih sebagian berada di garis atau tidak.”

Unggahan kedua menambahkan, “Kamera lain mungkin menawarkan gambar yang menyesatkan tetapi berdasarkan bukti yang tersedia, keseluruhan bola belum lepas dari (area) permainan.”

Posting kedua menunjukkan bagaimana sebuah bola dapat terlihat sepenuhnya berada di belakang garis dan karenanya keluar dari permainan dari satu sudut, tetapi jika dilihat dari atas sebagian bola masih menggantung di atas garis.

Pelatih Kepala tim nasional Jepang Hajime Moriyasu mengatakan, “Jika benar-benar keluar, itu akan menjadi tendangan gawang, tetapi keputusan wasit adalah masuk. Kami menghormatinya, tetapi kami bersedia untuk menghormatinya dengan cara apa pun. (Keputusan) Penghakiman terakhir sudah (menyatakan) masuk.”

Sebaliknya, ketua pelatih timnas Spanyol Luis Enrique merekomendasi semacam “manipulasi” telah terjadi, dan lewat ketarangannya menambahkan, “Saya merasa ada sesuatu yang mencurigakan sedang terjadi ketika VAR mengambil banyak waktu untuk memutuskan… Saya tidak punya (bukti) apa-apa untuk dikatakan.”

Kemenangan skuad Jepang atas Spanyol memastikan mereka finis di puncak Grup E, setelah menimbulkan kekecewaan besar lainnya untuk pihak lawan saat di pertandingan pembukaan mampu mengalahkan Jerman.

Spanyol bertahan di posisi kedua dengan jumlah selisih gol atas Jerman, meski Die Mannschaft menang 4-2 atas Kosta Rika di laga akhir Grup E.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− two = one