RSUP Dr Ben Mboi Tangani Penyakit Jantung, Stroke, Ginjal

Agenda Baru Fit Afiat LEISURE TIME MOMENTUM Podium

Fokuskini – RSUP Dr. Ben Mboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur diharapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mampu menangani penyakit jantung, stroke, dan ginjal.

Pemerintah Indonesia ingin membangun sejumlah rumah sakit besar di wilayah Papua, Maluku dan juga di Nusa Tenggara Timur agar layanan kesehatan merata,

Seperti dikatakan Menkes Budi kemarin pada peresmian RSUP Dr. Ben Mboi, targetnya semua rumah sakit di 34 provinsi harus bisa melakukan bedah jantung terbuka, bedah otak terbuka, dan operasi ginjal. Menkes bahkan mengharapkan, kalau bisa sampai transplantasi ginjal dilakukan di seluruh rumah sakit provinsi.

”RSUP Dr. Ben Mboi harus bisa memastikan seluruh kabupaten/kota di NTT bisa melakukan operasi jantung pasang ring, kateterisasi kalau kena stroke, dan juga bisa pasang CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialysis), hemodialisa, dan menghancurkan batu ginjal,” ungkap Menkes.

Fokus pada tiga penyakit itu, karena merupakan penyakit penyebab terbanyak kasus kematian di Indonesia.

Selanjutnya dikatakan Menkes Budi, RS di kabupaten/kota di NTT akan dilengkapi seluruh rumah sakitnya dengan alat Catheterization Laboratory (cath lab), alat pasang ring jantung, dan alat pengobatan stroke.

Tidak hanya itu, Menkes juga akan melengkapi fasilitas lainnya seperti kemoterapi dan bedah onkologi untuk kanker.

”Itu alat akan kita bantu, tapi dokter-dokternya ini yang sangat kurang. Itu sebabnya kita akan mengagresifkan pendidikan dokter spesialis di mana RS-RS besar kita akan minta untuk bantu,” tutur Menkes Budi.

Di kesempatan yang sama, anggota DPR RI Komisi IX Emanuel Melkiades Laka Lena mengharapkan RSUP Dr. Ben Mboi dengan berbagai fungsi pelayanan kesehatannya bisa menjadi rumah sakit pendidikan. RSUP ini diharapkan mampu menghasilkan dokter-dokter ahli di NTT.

”Ini pasti akan menjadi salah satu yang membantu kita untuk urusan dokter-dokter di NTT, termasuk juga pengembangan pusat ekonomi,” harap Melki.

Sekretaris Daerah NTT, Yohana Lisapaly turut menyambut gembira tentang kehadiran RSUP Dr. Ben Mboi ini yang akan memperkuat pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat NTT, dan tentunya berdampak pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Dengan beroperasinya rumah sakit ini akan menambah rumah sakit terbaik di NTT. Hal ini akan memotivasi rumah sakit yang ada di NTT untuk berbenah dari segi pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit. ”Keberadaan rumah sakit ini menunjukkan kepada warga masyarakat bahwa kita tidak perlu lagi berobat ke luar negeri, karena di NTT sudah ada rumah sakit yang layak dan representatif,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− three = two