Arteta Akui Mencontoh Sebagian Gaya Taktik Guardiola

Agenda Baru Layar Info LEISURE TIME MOMENTUM Podium Saring Sepekan TakTik

Fokuskini – Pelatih kepala Arsenal FC, Mikel Arteta mengaku sedikitnya meminjam taktik Pep Guardiola (dari semasa ia masih jadi asisten kepelatihan Manchester City) untuk membantu The Gunners meningkat drastis musim ini.

Skuad asal London Utara, Inggris tersebut saat ini duduk di puncak tabel liga utama Premier League, dan masih unggul delapan poin dari Man City yang berada di posisi kedua, meskipun klub juara bertahan masih menyisakan perbandingan satu laga sejauh musim ini berlangsung.

Alasan besar Arsenal menjadi penantang gelar adalah kedatangan Oleksandr Zinchenko, yang bergabung dari City musim panas lalu.

Arteta telah menempatkan pemain internasional Ukraina itu sebagai inverted full-back di musim ini, sesuatu yang memberi The Gunners keunggulan dalam penguasaan bola, membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk mengontrol permainan dan juga menghancurkan pertahanan yang kokoh.

Kini, Arteta mengakui terus terang bahwa cara Guardiola memanfaatkan Phillip Lahm saat melatih di Bayern Munich membantunya memahami manfaat dari peran tersebut.

“(Inspirasi) Itu (sebenarnya sudah) mulai (muncul) ketika saya (masih) berada di Barcelona, (saat) ​​kami biasa memainkan ajaibnya pola 3-4-3,” kata pria Spanyol berusia 41 tahun itu melalui Mirror, saat membahas penempatan Zinchenko.

“Tapi Pep (duluan) melakukannya (saat melatih) di Bayern untuk pertama kalinya dengan (langsung memanfaatkan peran full-back) Phillip Lahm, dan kemudian dikembangkan di City dengan berbagai cara untuk melakukannya dengan pemain yang berbeda,” kenangnya lagi.

Arteta juga mengerahkan bek kanan Ben White dengan cara yang sama, dimana pemain internasional Inggris itu (dikerahkan buat ikut) masuk ke area tengah lawan ketika skuadnya menguasai bola, dan secara efektif berarti skuad London Utara (bisa) bermain dalam sistem 2-3-5 untuk melengkapi penyerangan.

Arteta dan skuadnya di liga utama Inggris pekan ini bersiap bakal melakukan pertandingan kandang melawan Leeds United pada Sabtu malam WIB (1/4/2023) sebelum urutan laga tandang melawan Liverpool FC dan West Ham United. (dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ twenty four = twenty six