Indonesia U23: Elkan Baggott dan Rafael Struick Telah Gabung

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Para pemain yang mengadu nasib bermain di klub sepakbola di luar Indonesia, sudah ikut bergabung dalam pemusatan latihan skuad U-23 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah mulai Kamis pagi (7/9/2023) untuk persiapan jelang laga kualifikasi Piala Asia U-23 tahun ini, yang diagendakan berlangsung hari Sabtu (9/9/2023) di Stadion Manahan, Solo, Jateng.

Pratama Arhan (Tokyo Verdy) sudah bergabung di hari pertama sesi latihan, kali ini giliran Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town), Rafael William Struick (Ado Den Haag), Ivar Jenner (FC Utrecht) serta Marselino Ferdinan (K.M.Z.K Deinze) ikut unjuk gigi dalam kewajiban program pelatihan, Kamis tadi yang bermateri beragam dari pemulihan stamina pemain, fisik hingga set piece.

Elkan Baggott dan Rafael Struick mengungkapkan mengenai materi latihan pagi tadi, calon lawan, dan harapan mereka di babak kualifikasi Piala Asia U-23.

“Kabar saya baik sekali, latihan juga baik, tadi latihan set piece, pemulihan dan fisik,” diawali Elkan.

“Melihat dua lawan kami, Turkmenistan kemarin menang (melawan Chinese Taipei) dengan jumlah gol yang banyak, dan mereka punya pemain berbahaya, nomor 11 (Shamammet Hydyrow), jadi kita harus waspada dan hati-hati dalam bermain melawan mereka,” tutur Elkan.

“Kedua tim lawan kami itu menunjukkan kualitas yang baik, jadi kami harus siap melawan mereka,” tambahnya.

“Kami berharap bisa lolos dari kualifikasi ini dan melaju ke babak berikutnya tahun depan (AFC U23 Asian Cup – Qatar 2024),” sambung Elkan, diberitakan situs resmi PSSI.

Sementara itu, menurut Rafael Struick, “Kondisi saya bagus, hanya kaki saya sedikit letih setelah menempuh perjalanan menuju ke sini. Tetapi (kondisi) saya baik,” ungkapnya.

“Latihan hari ini tidak berat, karena pemulihan saja dan taktikal, berbeda dari (sesi) latihan di hari sebelumnya, menurut saya,” sambung Struick.

“Melihat dua (negara) lawan kami, saya melihat laga mereka kemarin, hasilnya 4-0 untuk kemenangan Turkmenistan, mungkin kami akan fokus lebih dahulu ke lawan pertama (Chinese Taipei), saya berharap kami bisa memenangkan laganya. Lalu baru fokus ke lawan berikutnya, Turkmenistan,” ungkapnya.

“Sama dengan teman-teman yang lain saya juga berharap bisa lolos dari babak kualifikasi, dan bermain di Piala Asia U-23 tahun depan,” harap Rafael.

Untuk lolos ke Piala Asia U-23, Indonesia wajib finis sebagai juara grup atau meraih status empat runner-up terbaik. Nantinya, 11 juara grup plus empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final yang berlangsung di Qatar dari 15 April sampai 3 Mei 2024.

Tidak hanya itu, lolos ke Qatar pun masih ada misi penting. Jika ingin ambil bagian di Olimpiade Paris 2024, Indonesia juga harus tampil yang terbaik di Qatar. Sebab, tiga tim sepakbola teratas di Piala Asia U-23 berhak lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Pada laga perdana babak kualifikasi selaku penghuni Grup K, Indonesia akan bersua Chinese Taipei (Taiwan) pada Sabtu nanti (9/9/2023). Indonesia bakal berhadapan dengan Turkmenistan pada 12 September mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− one = two