Menhub Budi Karya Mengapresiasi Inisiatif Kerjasama dengan ITS

Podium

Fokuskini – Kementerian Perhubungan dan perguruan tinggi negeri asal Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan kerjasama di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor Transportasi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap kerjasama berbagai penelitian yang dilakukan, dampaknya dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

“Pemikiran, penelitian, dan inovasi harus didasarkan pada satu hal, yakni masyarakat. Apa yang kita teliti harus mampu dihilirisasikan atau dibuat nyata. Sehingga memberikan manfaat langsung kepada masyarakat,” ujar Menhub di Surabaya, akhir pekan lalu.

Menhub menyebut, salah satu contoh hasil inovasi dan penelitian karya anak bangsa yang bermanfaat yaitu motor listrik Gesits.

Gesits merupakan kendaraan listrik berbasis baterai buatan Indonesia yang ramah lingkungan, dan mudah dioperasikan. Produk ini telah dipasarkan dan diproduksi massal.

Lebih lanjut, Menhub mengapresiasi inisiatif kerjasama dengan ITS. Ia juga berharap penelitian di bidang transportasi semakin berkembang serta bisa terhilirisasi dengan baik.

Menhub juga memiliki harapan perguruan tinggi dapat melibatkan pihak industri sejak awal dalam melakukan penelitian, sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat segera diproduksi secara massal.

“Penelitian dan inovasi banyak, namun yang terhilirisasi juga harus banyak. Untuk itu bagaimana dari awal, industri itu harus dilibatkan agar teknologi transportasi kita bisa lebih kompetitif,” harap Menhub.

Kerjasama kedua pihak ditandai dengan penandatanganan Letter of Intense (LOI). Adapun ruang lingkup kerjasama antara Kemenhub dan ITS meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan dan pemanfaatan SDM, serta bidang lainnya yang disepakati para pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirty one + = thirty two