Hajduk Split dan Timnas Kroasia Lebih Butuh Perisic

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Pemain lapangan tengah Tottenham Hotspur Ivan Perisic telah kembali menandatangani kontrak dengan Hajduk Split lewat status pinjaman untuk sisa musim ini.

Pemain berusia 34 tahun ini merupakan lulusan akademi klub Kroasia tersebut antara tahun 1995 dan 2006, namun ia gagal tampil satu kali pun di tim utama sebelum memulai kariernya di Eropa.

Perisic bermain untuk Sochaux, KSV Roeselare, Club Brugge, Inter Milan, Wolfsburg, Bayern Munich dan Inter Milan sebelum bergabung dengan Spurs dengan status bebas transfer pada tahun 2022, di mana ia menjadi pemain fundamental dalam pola sistem Antonio Conte.

Perisic memberikan 12 assist untuk rekan satu tim di musim 2022-23 — lebih banyak dari pemain Tottenham lainnya — dan juga memulai musim 2023-24 dengan baik dengan dua assist dari enam pertandingan pertamanya di bawah pelatih Ange Postecoglou.

Namun, karier pemain internasional Kroasia itu terhenti ketika ia menderita cedera ACL yang parah pada bulan September tahun lalu, dan ia belum pernah tampil lagi untuk Tottenham sejak kemenangan 2-1 atas Sheffield United empat bulan lalu.

Cedera Perisic diperkirakan akan mengakhiri kariernya di Tottenham, karena kontrak gelandang serbabisa itu akan habis di musim panas, dan ia diperkirakan akan menghabiskan beberapa bulan berikutnya untuk memulihkan diri sebelum berstatus bebas transfer di akhir musim.

Sebaliknya, Hajduk Split – yang berkeinginan untuk merekrut kembali pemain berusia 34 tahun itu – menyambut Perisic kembali ke tanah airnya pada bulan Januari, meskipun faktanya ia belum dapat kembali bermain selama beberapa bulan ke depan.

Namun demikian ada optimisme bahwa Perisic akan bisa bermain untuk Hajduk di minggu-minggu terakhir musim ini, dan panggilan ke skuad tim nasional Kroasia untuk Euro 2024 juga tidak tertutup kemungkinannya.

Hajduk telah mengonfirmasi bahwa setelah kesepakatan pinjaman Perisic selesai, ada kesepakatan bagi mantan pemain Bayern itu untuk menandatangani kontrak permanen berdurasi satu tahun untuk musim 2024-25, sehingga secara resmi mengakhiri waktunya di Tottenham.

Perisic mengikuti Eric Dier, Ashley Phillips, Alfie Devine, Matthew Craig, Sergio Reguilon, Japhet Tanganga dan Djed Spence keluar dari pintu keluar Tottenham dengan status pinjaman bulan ini, sementara Hugo Lloris telah pergi untuk bergabung dengan Los Angeles FC dengan kontrak permanen.

Hajduk Split berada di puncak klasemen liga sepakbola Kroasia, HNL dengan 41 poin dari 19 pertandingan awal musim mereka, unggul enam poin dari HNK Rijeka — yang memiliki satu pertandingan tersisa — dan tujuh poin di atas Dinamo Zagreb setelah memainkan dua pertandingan lagi.

Sang pemuncak klasemen mengincar gelar liga sepakbola HNL ke-10 musim ini, sementara gelar kesembilan telah berlangsung lama pada musim 2004-05. (SM/yay)

foto: Getty Images

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighty five − eighty one =