GM Catur dari Turki Peroleh Capaian Pemain Termuda dengan “Rating 2600”

Podium TakTik

Fokuskini – Yagiz Kaan Erdogmus, grandmaster catur (GM) berusia 13 tahun dari Turki mengukir sejarah menjadi pemain termuda yang mencapai peringkat rating 2600.

Pada bulan Mei lalu, Erdogmus sudah menjadi berita utama saat ia memecahkan rekor yang telah bertahan selama 35 tahun, yaitu menjadi pecatur dengan peringkat tertinggi dalam sejarah catur saat belum lagi genap berusia 13 tahun.

Firstpost mencatat, Erdogmus memecahkan rekor Judit Polgar dari Hungaria, yang telah memecahkan rekor awal pada tahun 1989 dan memiliki peringkat 2555.

Erdogmus saat ini adalah grandmaster termuda di dunia. Ia juga menjadi pemain termuda keempat yang mengklaim gelar grandmaster. Pada Olimpiade Catur ke-45 yang diadakan di Budapest baru-baru ini, pemain Turki tersebut bermain di papan tiga dan mencetak 8/11 poin.

Atau artinya meraih peringkat kinerja 2636 dalam turnamen tersebut, dan itu melonjakkan peringkat keseluruhannya menjadi 2601 dalam peringkat terbaru FIDE untuk bulan Oktober.

Erdogmus baru berusia 13 tahun, tiga bulan, dan 28 hari, dan telah mengukir sejarah dengan menjadi orang termuda yang mencatatkan peringkat klasik FIDE dengan rating lebih dari 2600.

Memecahkan rekor grandmaster Amerika Serikat, John Burke yang melakukannya beberapa bulan setelah ia berusia 14 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixty one − = 54