Indonesian Television Awards Berlanjut Hadir Kembali Tahun Ini

Agenda Baru Fit Afiat Layar Info LEISURE TIME MOMENTUM Muziek! Podium Reka Gaya Saring Sepekan

Fokuskini – Indonesian Television Awards (ITA) hadir kembali tahun ini. “Meski jaman terus berubah, publik kenyataannya tetap menonton siaran televisi. Maka ITA harus tetap terus bergulir,” sebagaimana dikatakan Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI saat konferensi pers yang ditayangkan streaming di RCTI+ hari Senin sore tadi (29/8/2022).

Gelaran puncak ITA 2022 berlangsung pada 22 September 2022 dan disiarkan langsung oleh Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) dan juga GTV mulai pukul 17.30 WIB dari Studio RCTI+.

Pada gelaran ke-7 kalinya ini, ITA 2022 menghadirkan 14 kategori penghargaan yang terdiri dari 9 kategori program televisi dan 4 kategori individu. 1 kategori lainnya adalah penghargaan spesial, yang mana pemenangnya akan langsung terpilih berdasarkan hasil survei Roy Morgan Research.

Pemenang dari 13 kategori (program televisi dan individu) terpilih berdasarkan hasil voting masyarakat yang telah dibuka hingga 18 September 2022 sampai pukul 00.00 WIB. Voting bisa dilakukan melalui aplikasi RCTI+ dan media sosial Instagram serta Facebook Indonesian Television Awards.

“Sekarang ini, industri penyiaran khususnya televisi di Indonesia, tetap terjaga eksistensinya untuk terus menghibur masyarakat yang mencapai seluruh belahan penjuru Nusantara. Oleh karena itu, RCTI selalu berkomitmen untuk mendukung program penghargaan seperti halnya ITA 2022, sebagai bentuk apresiasi bagi para pihak dibalik terciptanya program-program hiburan yang tayang di televisi. Semoga ITA 2022 bisa menjadi penyemangat bagi seluruh insan pertelevisian untuk terus menghasilkan kreativitas ataupun program terbaik,” kata Dini Putri lewat keterangannya.

Tahun lalu, beberapa program serta nama aktor dan aktris besar keluar sebagai pemenang. Seperti Arya Saloka yang menjadi Aktor Sinetron Terpopuler dalam perannya di sinetron Ikatan CInta (RCTI), lalu ada nama Ruben Onsu yang meraih penghargaan sebagai Pembawa Acara Televisi Terpopuler.

Program Primetime Drama Terpopuler ketika itu diraih Ikatan Cinta dan Program Primetime Non-Drama Terpopuler direbut Lapor Pak! (Trans7). Selama setahun terakhir tentu banyak program yang menarik perhatian pemirsa, sehingga akan bersaing ketat meraih penghargaan Indonesia Television Awards tahun ini!

Namun yang pasti, seluruh nomine yang terdapat dalam 14 kategori ITA 2022, merupakan hasil survei tim Roy Morgan Research sebagai lembaga survei independen yang berasal dari Australia, dan sudah berada di Indonesia sejak 2004. Roy Morgan Research melakukan survei dengan melibatkan responden dari 28 kota yang berada di 17 propinsi Indonesia. Roy Morgan Research menjalani survei dengan mendatangi langsung para pemirsa televisi namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Survei yang dilakukan Roy Morgan Research adalah untuk mengetahui program televisi apa yang menjadi populer di tengah masyarakat, berdasarkan acara terpopuler yang secara spontan disebut oleh responden. Namun begitu, program-program yang masuk nomine ITA 2022 dibatasi secara periode penayangannya, yaitu program yang tayang dari 1 Agustus 2021 sampai dengan 31 Juli 2022.

“Survei yang kita lakukan untuk ITA 2022, secara keseluruhan sebetulnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Contohnya, kita (Roy Morgan Research) tetap mengambil sampel dengan cara mendatangi rumah-rumah para pemerisa televisi dan melakukan wawancara untuk mengetahui program yang paling disukai dan terfavorit untuk masing-masing kategori. Dari hasil survei tersebut, keluar data para nominasi Indonesian Television Awards 2022,” kata Ira Soekirman selaku Direktur Utama Roy Morgan Research.

Bagi pemirsa televisi yang ingin memilih nomine favoritnya, bisa melalui aplikasi RCTI+, atau media sosial Instagram (@indonesiantvawards) serta Facebook (Indonesian TV Awards). Perhitungan serta analisa voting di media sosial akan dilakukan oleh konsultan strategis berbasis data, yakni Provetic untuk menjaga akurasi perhitungan dan validasi data pemilih. Setelah itu hasil voting akan diverifikasi oleh auditor independen, dan hasilnya akan diumumkan pada acara Malam Puncak Indonesian Television Awards 2022.

“Pengguna media sosial pada zaman sekarang ini terus mengalami peningkatan, dan RCTI sendiri sebagai televisi swasta pertama di Indonesia sudah beberapa kali melakukan kolaborasi antara dunia pertelevisian dengan sosial media, khususnya dalam program ajang penghargaan seperti ITA 2022. Oleh karena itu, di ITA 2022, dapat memperlihatkan bahwa televisi dan sosial media dapat berjalan beriringan serta saling mendukung,” ungkap Iwan Setyawan selaku Direktur Utama Provetic.

“Pastinya malam puncak penghargaan Indonesian Television Awards 2022 dikemas dengan menarik serta meriah, beserta kolaborasi para artis yang dapat menghibur pemirsa yang disiarkan langsung dari salah satu studio terbesar, tercanggih di Asia dengan fasilitas yang terintegrasi yakni Studio RCTI+. Dimana di ITA tahun ini, kapasitas penonton siaran langsung di studio akan dibuka kembali serta dimaksimalkan agar dapat menampung penggemar lebih banyak untuk hadir menjadi saksi insan-insan televisi terbaik di Indonesia,” terang Fabian Dharmawan selaku VP Head of Production Division RCTI. Malam puncak ITA 2022 akan semakin meriah dengan hadirnya artis ataupun performer internasional, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventy four − sixty six =