Menhub: Dirjen Baru Harus Lebih Kreatif

Agenda Baru Fit Afiat LEISURE TIME MOMENTUM Podium

Fokuskini – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kemarin melantik Dirjen Perhubungan Udara dan Dirjen Perkeretaapian. Maria Kristi Endah Murni dilantik sebagai Dirjen Perhubungan Udara, dan M. Risal Wasal dilantik sebagai Direktur Jenderal Perkeretaapian menggantikan Zulfikri yang sudah memasuki usia pensiun. Dirjen Perhubungan Udara sebelumnya yakni Novie Riyanto saat ini memperoleh tugas yang baru menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan.

Selain itu, Menhub juga melantik Robby Kurniawan sebagai Staf Ahli Bidang Logistik dan Multimoda Perhubungan, dan Capt. Antoni Arif Priadi sebagai Staf Ahli Bidang Kawasan dan Lingkungan Perhubungan.

Menhub dalam keterangannya mengatakan, para pejabat yang dilantik memiliki tanggung jawab yang besar, karena banyak tantangan yang harus dihadapi di tengah kondisi dunia yang penuh dengan ketidakpastian. Namun, menurut Menhub, di tengah ketidakpastian global, ekonomi nasional tetap mampu tumbuh sekitar 5 persen dan ini merupakan hal yang membanggakan.

“Tugas kita tidak ringan di tahun 2023, tetap waspada dan hati-hati namun di sisi lain kita juga harus optimis bahwa kita mampu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Menhub.

Lebih lanjut, Menhub berpesan kepada jajarannya untuk terus mendorong kreativitas dalam pemenuhan kebutuhan pendanaan pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi nasional di tengah keterbatasan fiskal negara, melalui skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU), mengoptimalkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan skema pendanaan kreatif non APBN lainnya.

“Tantangan ke depan kita harus lebih kreatif, dengan memberikan kemudahan-kemudahan bagi pihak swasta baik di dalam maupun luar negeri untuk bekerjasama. Sehingga akan menambah ruang fiskal kita,” harap Menhub.

Selain itu, menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru, Menhub berpesan kepada jajarannya untuk mempersiapkan penyelenggaraan angkutan nataru dengan baik dan matang, dalam rangka mewujudkan pelayanan transportasi yang selamat, aman, nyaman dan juga tetap mengedepankan aspek kesehatan.

“Saya berharap kita dapat menjalankan amanah ini dengan baik, dan bekerja dengan hati untuk memberikan pelayanan yang prima dan dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat kita,” ungkap Menhub mengakhiri keterangan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 5 =