Menang Dramatis, USA Melangkah Maju Ke Semifinal VNL 2023

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Babak perempat final Volleyball Nations League 2023 sektor putra dimulai dengan laga seru lima set yang antara tim nasional Amerika Serikat dan Prancis — sebagai pertandingan ulang perebutan medali emas tahun lalu — yang telah berlangsung di Ergo Arena, Gdańsk, Polandia.

Timnas AS sempat menduga keunggulan dua set awal mereka bisa lenyap, tetapi ternyata mereka masih mampu menang di laga tie-breaker dan mengamankan kemenangan dramatis 3-2 (25-21, 25-18 17-25, 24-26, 15-9) atas juara bertahan yang mengantarkan mereka ke semifinal VNL untuk keempat kalinya dalam lima musim.

Siapa regu lawan yang menantang AS di semifinal sudah dipastikan adalah Italia yang berhasil mengungguli Argentina. Semifinal tersebut diagendakan berlangsung pada hari Sabtu malam (22/7/2023) mulai 22.00 WIB di Gdańsk, disiarkan live streaming melalui Vidio.

Skuad terbaik di Fase Penyisihan dengan sepuluh kemenangan dalam 12 pertandingan, Amerika Serikat akan berusaha mengamankan medali VNL keempat mereka. AS meraih perak pada 2019 dan 2022, serta perunggu pada 2018.

Pemain bintang opposite, Matt Anderson memimpin skor pencetak gol dalam kemenangan AS, meninggalkan arena pertandingan dengan 22 poin. Pengambil andil peraih medali Olimpiade berusia 36 tahun itu mendapatkan 20 kill dan dua ace untuk menjadi pembeda bagi timnya.

Dengan absennya Aaron Russell absen, dan Torey Defalco yang defisien pada 12 poin (sepuluh mematikan, dua blok), outside hitter Thomas Jaeschke juga memiliki peran pembikin skor yang lebih besar dengan menghasilkan 16 poin (14 mematikan dan dua blok).

Begini sebagian ujaran sang setter AS, Micah Christenson dikutip dari volleyballworld: “Pertandingan ini sangat mirip dengan musim lalu dalam arti perempat final yang sangat sulit. Untuk dapat melalui pertempuran seperti ini, dan terus maju. Laga delapan besar kali ini mungkin yang terbaik dalam sejarah VNL. Pertandingan ini luar biasa dan ini akan menjadi pekan bolavoli yang menyenangkan.”

Prancis memiliki empat pemain yang mencapai dua digit dalam mencetak skor dan di antaranya adalah anggota tim juara Olimpiade opposite Jean Patry, yang masuk laga dari bangku cadangan untuk memimpin tim dengan 17 poin (13 kill, dua blok, dua ace).

Juga penampilan solid dua middle blocker Bartélémy Chinenyeze — dengan 16 poin (sepuluh mematikan, lima blok, satu ace) — dan Nicolas Le Goff dengan 14 poin (11 mematikan, dua blok, satu ace)

Perempat final ketiga dan keempat VNL 2023 dijadwalkan bermain pada hari Kamis malam (20/7/2023) mulai jam 22.00 WIB, lewat pertemuan Jepang dan Slovenia, dan laga tuan rumah Polandia melawan Brasil yang bentrok Jumat dini hari WIB (21/7/2023) disiarkan live streaming di Vidio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − four =