Ajaib, Zecira Musovic Dukakan Amerika Serikat

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Penjaga gawang tim nasional putri Swedia, Zecira Musovic dadakan blow up di panggung global dengan penampilan ajaib lewat kemenangan atas Amerika Serikat di perdelapan final Piala Dunia Wanita FIFA 2023.

Kiper berusia 27 tahun itu menghasilkan serangkaian penyelamatan yang menakjubkan, hampir sendirian saja selama 120 menit menahan aksi serangan skuad AS di stadion Melbourne, Australia.

Pesepakbola kelas dunia seperti Lindsey Horan, Alex Morgan dan Sophia Smith digagalkan oleh stopper inspiratif tersebut, yang kepahlawanannya memastikan pertandingan berlanjut ke adu penalti. Swedia menang adu penalti untuk menjadi timnas pertama dalam sejarah yang menyingkirkan AS sebelum mencapai semifinal Piala Dunia Wanita.

Musovic menjalankan kerja profesionalnya untuk Chelsea FC mulai dua tahun lalu, di mana ia berjuang untuk mendapatkan tempat di bawah mistar dengan Ann-Katrin Berger, kiper Jerman kelas dunia.

Berpindah ke London, Inggris setelah menjalani masa delapan tahun bersama Rosengard, di mana ia memenangkan tiga gelar liga di Swedia.

Musovic lahir pada sekitar Mei 1996 dari orangtua Serbia yang berasal dari kota Prijepolje. Mereka pindah ke Swedia sebelum dirinya lahir demi untuk menghindari perang Bosnia.

Sebagai anak muda, Musovic lebih dulu suka tenis meja daripada sepakbola. Perjalanannya untuk menjadi peraih trofi serial dan pahlawan wanita Piala Dunia Wanita dimulai dengan sungguh-sungguh pada usia 12 tahun, dan perubahan minatnya dari mimpi sebagai pencetak gol adalah saat diminta mengisi posisi penjaga gawang setelah kiper reguler jatuh sakit.

Dirinya melakukan perjalanan ke Piala Dunia Wanita pertamanya sebagai kiper pengganti, karena saat itu legendaris Hedvig Lindahl masih jadi pilihan tepercaya di timnas Swedia. Musovic baru saja mulai diberti tanggungjawab jersey No1 pada saat Piala Dunia tahun ini yang berlangsung Australia dan Selandia Baru, dan ia dengan tegas membayar kepercayaan pelatih Peter Gerhardsson.

Musovic hanya kebobolan satu kali selama babak penyisihan grup saat Swedia lolos dengan rekor 100 persen — dan kemudian menghasilkan salah satu penampilan penjaga gawang Piala Dunia Wanita yang paling berkesan sepanjang masa dalam kemenangan 16 besar mereka atas juara bertahan AS. Itu adalah pertunjukan kemenangan yang membuatnya hampir tidak bisa berkata-kata.

“Saya kehilangan kata-kata,” kata Musovic dalam wawancara pasca-pertandingan, dikutip dari situs resmi FIFA.

“Saya tidak tahu harus berkata apa, kecuali bahwa saya sangat bangga bahwa kami bertahan melawan tim AS yang sangat kuat, yang menekan selama 120 menit. Kita belum pulang,” sambungnya, merendah.

Jepang menjadi lawan berikutnya untuk timnas Swedia di babak perempat final yang bakal berlangsung di Eden Park, Auckland, Selandia Baru hari Jumat (11/8/2023) mulai jam 14.30 WIB disiarkan live streaming di FIFA+.

foto: Angel Martinez/Getty Images

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + four =