“ITA 2023”: 2 Kategori Penghargaan Baru serta Concert Celebration

Galeri Seni Layar Info Muziek! Podium Video Opsi

FokuskiniIndonesian Television Awards (ITA) hadir kembali tahun ini. Puncak gelaran panggung penganugerahan diagendakan berlangsung pada 25 September 2023 yang disiarkan langsung oleh Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) dan GTV dari Studio RCTI+ di kawasan MNC Studios, Jakarta mulai pukul 21.30 WIB, serta dilanjutkan keesokan harinya, 26 September 2023 dengan Concert Celebration ITA 2023 yang disiarkan langsung oleh RCTI dari Studio RCTI+ mulai pukul 22.00 WIB.

Dua kategori baru penghargaan yaitu Kategori Pendatang Baru Televisi Terpopuler dan Kategori Program Kompetisi Olahraga Terpopuler, diterangkan Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI saat konferensi pers hari Senin sore (28/8/2023), karena (kini) bermunculan dinamika orang-orang luar biasa melalui skillset profesi bukan gosip, dan di program tayangan olahraga terjadi peningkatan excitement yang melibatkan atlet-atlet Indonesia.

“Hadirnya Indonesian Television Awards dari tahun ke tahun, selalu beriringan dengan perkembangan industri televisi di Indonesia. Oleh karenanya, ITA 2023 menghadirkan dua kategori penghargaan baru sebagai bentuk apresiasi terhadap program televisi dan insan pertelevisian di Indonesia yang telah memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui program atau karya yang mereka buat,” sambung Dini Putri.

“Saya percaya, regenerasi perlu diberikan peluang dengan hadirnya talenta-talenta yang terbaik, ” tambahnya.

“Indonesian Television Awards 2023” merupakan gelaran ke-8 kalinya, sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016. Melihat perkembangan program televisi yang semakin variatif dan inovatif, membuat ITA 2023 menghadirkan 15 kategori penghargaan, dan 2 diantaranya merupakan kategori baru, yaitu Kategori Pendatang Baru Televisi Terpopuler serta Kategori Program Kompetisi Olahraga Terpopuler.

Ke-15 kategori penghargaan tersebut, terbagi menjadi 9 kategori program televisi, 5 kategori individu, serta 1 kategori spesial.

Seluruh kategori penghargaan dalam “Indonesian Television Awards 2023” tidak hanya berdasarkan genre program, namun juga berdasarkan slot tayang program televisi dan pelaku industri televisi di Indonesia.

Untuk penentuan nominasi masing-masing kategori bukan berdasarkan dari rating, tetapi berdasarkan survei top of mind pemirsa terkait program televisi selama periode tayang Agustus 2022 – Juli 2023.

Survei dilakukan di 28 kota dengan jumlah sampel mencapai 1.500 responden yang dilakukan oleh lembaga independen Roy Morgan Research.

“Survei yang kita lakukan dalam Indonesian Television Awards 2023 adalah dengan cara mendatangi rumah-rumah para pemirsa televisi dan melakukan wawancara untuk mengetahui program yang paling terpopuler untuk masing-masing kategori. Alhasil, dari survei yang kita lakukan di 28 kota tersebut, keluarlah nama-nama nominasi dari masing-masing kategori yang ada di Indonesian Television Awards 2023,” jelas Ira Soekirman selaku Direktur Roy Morgan Research.

Publik pemirsa televisi Indonesia memiliki peran sangat penting untuk menentukan penerima penghargaan “TERPOPULER” di Indonesian Television Awards 2023. Dimana, masyarakat pemirsa dapat melakukan voting sosial media (Instagram dan Facebook) Indonesian Television Awards, serta melalui aplikasi RCTI+. Perhitungan hasil voting sosial media akan dilakukan lembaga independen Provetic. Verifikasi terhadap hasil voting dilakukan oleh auditor independen.

“Sekarang ini, pengguna media sosial khususnya di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Sementara RCTI yang merupakan televisi swasta pertama di Indonesia, sudah beberapa kali melakukan kolaborasi antara televisi dengan media sosial, seperti halnya program penghargaan Indonesian Television Awards 2023. Maka dari itu, dapat dilihat bahwa televisi dan media sosial mampu berjalan beriringan serta saling mendukung,” ungkap Iwan Setyawan selaku Direktur Utama Provetic.

https://www.youtube.com/live/3VZ3DvXySjQ?si=raogQdxR1Hr0q5Te

INSTAGRAM

  1. Follow instagram @indonesiantvawards
  2. Pilih posting-an kategori untuk vote
  3. Like posting-an tersebut
  4. Vote dengan cara comment di posting-an kategori yang ada dengan format: #VOTEITA2023 kode nominasi
  5. Satu akun hanya berlaku untuk satu kali vote per kategori per hari (Dapat melakukan vote kembali keesokan harinya)
  6. Periode vote: 28 Agustus sampai 21 September 2023 (pukul 23:59 WIB)

FACEBOOK

  1. Like fanpage Indonesian TV Awards
  2. Pilih dan like foto kategori yang terdapat pada wall fan page
  3. Vote dengan cara comment di foto kategori yang ada dengan format: #VOTEITA2023 kode nominasi
  4. Satu akun hanya berlaku untuk satu kali vote per kategori per hari (Dapat melakukan vote kembali keesokan harinya)
  5. Periode vote: 28 Agustus sampai 21 September 2023 (pukul 23:59 WIB)

RCTI+
RCTI+ term & condition voting Indonesian Television Awards 2023

  1. Untuk melakukan voting, registrasi menggunakan email atau nomer HP
  2. Sistem voting Indonesian Television Awards 2023 menggunakan sistem kuota 3 vote perhari per kategori. 1 akun dapat melakukan vote 3 kali dalam 1 kategori, 1 nomine yang sama bisa dilakukan vote berulang kali. (Kuota 3 vote per kategori akan diperoleh setiap hari selama periode vote)
  3. Periode vote: 28 Agustus sampai 21 September 2023 (pukul 23:59 WIB)
  4. RCTI, Indonesian Television Awards 2023 dan RCTI+ berhak untuk mendiskualifikasi vote atau
    menunda vote jika terjadi kecurangan
  5. RCTI, Indonesian Television Awards 2023 dan RCTI+ berhak mengubah, membatalkan, atau
    menangguhkan acara ini kapan saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

59 − fifty six =