FFI 2023: Mendikbudristek Semangati Insan Perfilman Merdeka Berbudaya

Galeri Seni Layar Info Podium

Fokuskini – Daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI 2023) diumumkan secara resmi oleh Komite FFI 2023 hari Sabtu tadi (14/10/2023). Sebanyak 22 nominasi kategori penghargaan Piala Citra FFI dan Kritik Film dilakukan secara bergantian oleh Duta FFI 2023nyaitu Christine Hakim, Lukman Sardi, Laura Basuki, Putri Marino, dan Chicco Kurniawan; Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian serta penampilan khusus dari Teza Sumendra.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengucapkan selamat kepada seluruh sineas yang menjadi nominator FFI 2023, beserta seluruh penggerak dunia perfilman Indonesia.

“Teruslah berkarya untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka berbudaya,” harapnya.

Daftar nominasi untuk kategori Film Cerita Panjang merupakan hasil seleksi dan penjurian yang dilakukan oleh Akademi Citra FFI 2023 yang terdiri dari 94 anggota beragam profesi perfilman.

“Proses penjurian berjalan baik dan lancar. Partisipasi asosiasi dan Akademi Citra juga menjadikan proses ini terbuka dan demokratis. Hasil penjurian sampai tahap ini adalah hasil tahap dasar kompetisi yang kualitasnya akan diuji oleh juri akhir. Selain itu, kategori Pilihan Penonton adalah ruang partisipasi masyarakat, khususnya pecinta film, sehingga harus diefektifkan dan dikelola dalam ruang luas masyarakat,” ujar Ketua Komite Bidang Penjurian FFI 2023, Garin Nugroho.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa sistem penjurian bukanlah sekedar menang dan kalah. Sistem penjurian tiga tahun ini merepresentasikan dan mendorong partisipasi komponen perkembangan ekosistem film, yakni asosiasi, insan film, industri, dan masyarakat.

“Oleh karena itu, sistem yang telah ada perlu dijaga dan diperkuat ke depannya,” imbuh Garin.

Penjurian tahap nominasi kategori Film Non Cerita Panjang (Film Cerita Pendek, Film Dokumenter Panjang, Film Dokumenter Pendek, dan Film Animasi Pendek) serta kategori Kritik Film masih dikelola oleh asosiasi profesi terkait, yaitu COFFIE (Coordination for Film Festival in Indonesia), ADN (Asosiasi Dokumenteris Indonesia), AINAKI (Asosiasi Industri Animasi Indonesia), dan KAFEIN (Asosiasi Pengkaji Film Indonesia). Seluruh proses penjurian dilakukan oleh para juri yang terpilih serta difasilitasi dan diawasi oleh Komite Penjurian dan Akuntan Publik.

Daftar nominasi FFI 2023 dapat disimak pada kanal Festival Film Indonesia. Penganugerahan “Piala Citra” Festival Film Indonesia 2023 akan dilaksanakan pada 14 November mendatang dan disiarkan langsung secara daring melalui akun YouTube Festival Film Indonesia, Kemendikbudristek RI, dan Budaya Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− three = two