“Euro 2024” Juga Manfaatkan Bola Berteknologi Tinggi Pabrikan Adidas

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Bola berteknologi tinggi yang membantu pengambilan keputusan offside yang lebih akurat akan melakukan debutnya di Kejuaraan Eropa tahun depan di Jerman, setelah pernah digunakan di Piala Dunia FIFA 2022.

Badan sepakbola Eropa, UEFA dan pabrikan Adidas meluncurkan bola untuk Euro 2024 di Berlin pada hari Rabu tadi (15/11/2023). Diberi nama “Fussballliebe,” kata dalam bahasa Jerman yang berarti “kecintaan pada sepak bola,” dan akan digunakan pada turnamen sepakbola Kejuaraan Eropa dengan 51 pertandingan tahun depan mulai 14 Juni-14 Juli.

Chip yang dipasangkan pada giroskop di dalam bola mengirimkan data 500 kali per detik untuk mencatat titik tendangannya. “Titik tendangan” membantu ofisial pertandingan membuat keputusan offside menggunakan berbagai sudut kamera untuk membuat visualisasi 3D yang menggambarkan pergerakan pemain.

Pihak UEFA dalam keterangannya mengatakan, “Teknologi bola yang terkoneksi (memberikan) wawasan yang belum pernah ada sebelumnya tentang setiap elemen pergerakan bola, dan berkontribusi pada proses pengambilan keputusan VAR.”

Adidas juga memasok bola ke FIFA untuk Piala Dunia di sektor putra dan putri.

UEFA menyoroti kualitas berkelanjutan dari “Fussballliebe,” yang menggunakan poliester daur ulang dan tinta berbahan dasar air, ditambah bahan-bahan termasuk serat jagung, tebu, dan pulp kayu.

Adidas telah menjanjikan 1% dari penjualan bersih bolanya ke badan amal sepakbola Common Goal yang didirikan oleh mantan gelandang Spanyol, Juan Mata. (AP/jos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = two