Migas Cepu Edupark, Alternatif Destinasi Wisata di Jawa Tengah

Podium

Fokuskini – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Cepu telah membangun objek wisata Migas Cepu Edupark (MCE) yang merupakan perpaduan tempat rekreasi dan sarana edukasi migas bagi masyarakat.

“Lokasi MCE berada di Jalan Lapangan Golf, Wonorejo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora (Jawa Tengah). MCE adalah salah satu inovasi pemanfaatan lahan menjadi obyek rekreasi dan edukasi bagi masyarakat Cepu dan sekitarnya,” tutur Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam keterangannya di Jakarta, hari Minggu (31/12/2023).

Agus menyebut, dengan luas lahan sebesar 11.000 m2, MCE menawarkan informasi yang edukatif tentang dunia migas, yakni pengunjung disiapkan suguhan 3D Art dan Museum Migas dan galeri foto sejarah indsutri migas, peralatan migas, hingga diorama proses industri migas dari hulu sampai hilir.

Ia menjelaskan, 3D Art dan Museum Migas juga menyajikan miniatur peralatan industri migas yang dilengkapi dengan pembelajaran singkat mulai dari hulu sampai hilir migas.

Untuk sarana rekreasi, MCE menyediakan wahana waterpark yang patut dicoba ketika mengisi waktu liburan anak sekolah periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Meski demikian, bukan hanya anak sekolah saja yang bisa menikmati waterpark itu, melainkan remaja dan orang dewasa pun bisa ikut, dengan wahana air berupa seluncuran di kolam renang.

Selain itu, MCE juga dilengkapi dengan banyak area berfoto yang menarik dan instagramable dan mempunyai fasilitas mini outbound yang dilengkapi dengan flying fox serta permainan edukatif.

“Untuk hiburan anak, MCE juga dilengkapi dengan Mini Zoo. Terdapat koleksi beberapa hewan seperti kijang, kelinci, iguana, kura-kura, lutung jawa dan ayam.”

Feeding animals adalah salah satu wahana yang digemari oleh anak. Mereka dapat memberi makan dan berfoto bersama hewan kesukaannya,” tambahnya.

Dengan berbagai hal yang ditawarkan tersebut, MCE bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang berada di sekitar Cepu untuk mengisi hari libur periode libur panjang akhir tahun ini.

Tidak hanya menjadi sarana rekreasi, MCE juga bisa memberikan manfaat edukasi kepada seluruh masyarakat, terutama terkait bidang migas di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + one =