Hari Musik Nasional Tahun Ini Dipusatkan di Jakarta dan Surabaya

Galeri Seni Layar Info Muziek! Podium

Fokuskini – Perayaan Hari Musik Nasional tahun ini mengangkat tema “Merdeka Berbudaya Memajukan Musik Indonesia.” Sejumlah agenda siap digelar hingga 9 Maret 2024 yang berlangsung di dua kota yaitu Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra, dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam perayaan Hari Musik Nasional 2024 merupakan wujud penghargaan kepada seluruh musisi tanah air. “Melalui karyanya, para musisi tanah air dapat terus berkontribusi bagi pemajuan kebudayaan Indonesia,” ujar Mahendra, di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, Hari Musik Nasional penting untuk diperingati sekaligus dirayakan sebagai pengingat terciptanya kemajuan ekosistem musik Indonesia. “Selama empat tahun terakhir, Kemendikbudristek mencatat serentetan capaian penguatan ekosistem musik nasional yang diupayakan bersama para musisi komunitas musik melalui berbagai kebijakan dan program,” jelas Mahendra.

Contoh dari pembentukan ekosistem tersebut, menurut Mahendra, terlihat pada rangkaian acara Hari Musik Nasional 2024. Misalnya saja, pada Kamis, 7 Maret berlangsung Symphonesia Lintas Era Musik 80an bersama Erwin Gutawa Orkestra yang diadakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Symphonesia

Menghadirkan berbagai karya lagu dari legenda musisi Tanah Air seperti Chrisye dan Vina Panduwinata. Selain itu, ada pula Tribute to January Christy bersama Rahmania Astrini.

Jumat, 8 Maret, Kemendikbudristek mempersembahkan Indonesia Bermusik di Pendopo Taman Budaya Surabaya. Indonesia Bermusik menghadirkan musisi cilik berbakat Geraldine Laura yang memainkan piano sambil membawakan beberapa lagu nasional. Masyarakat juga akan dihibur dengan aksi kesenian musik daerah dari para seniman lokal.

Selanjutnya, bertepatan pada Hari Musik Nasional, 9 Maret 2024, kegiatan digelar di dua lokasi yaitu Jakarta dan Surabaya. Di Auditorium LPP RRI Jakarta, Kemendikbudristek menyelenggarakan konser bertajuk Musik untuk Semua berkolaborasi bersama Dwiki Dharmawan, disiarkan secara dalam dan luar jaringan menggandeng DPD Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) sehingga dapat disaksikan di 36 kafe dan restoran di berbagai provinsi.

Di Pendopo Taman Budaya Surabaya berlangsung agenda Diskusi Musik Kebangsaan bersama Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, Joko S Gombloh, Isfamhari, serta beberapa ketua komunitas musik Indonesia.

Agenda lain dilaksanakan Kemendikbudristek dalam Hari Musik Nasional 2024 di Surabaya adalah ziarah ke makam W.R. Soepratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sejumlah perwakilan pemerintah daerah, musisi, dan pelajar dijadwalkan mengikuti agenda Ziarah Indonesia Raya.

Bertepatan dengan Hari Musik Nasional 2024, Kemendikbudristek juga menggelar Peluncuran dan Mini Konser Kita Cinta Lagu Anak (KILA) di Taman Budaya Surabaya yang diisi oleh penampilan para Duta dan peserta KILA.

Perhelatan puncak Hari Musik Nasional 2024 dilangsungkan di Taman Budaya Surabaya dengan jadwal agenda konser musik Indonesia, drama musik Membangun Bangsa “Sang Garuda” yang dimainkan Komunitas Jatiswara Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

forty eight − = thirty eight