“SIRHA Budapest” Jadi Bagian dari Gastrodiplomasi

Podium

Fokuskini – Paviliun Indonesia kembali hadir dalam eksibisi SIRHA Budapest yang bertempat di Hungexpo Budapest Congress & Exhibition Center, Budapest, Hungaria. Tahun ini bertujuan untuk semakin memperkuat diplomasi Indonesia melalui makanan, atau gastrodiplomasi dengan memperkenalkan produk-produk di sektor hotel, restoran, dan kafe (horeka).

“Tujuan keikutsertaan Indonesia pada SIRHA Budapest kali ini adalah semakin meningkatkan pengetahuan masyarakat Eropa tentang Indonesia dan menambah daya tarik tentang produk-produk Indonesia di sektor horeka. Upaya promosi ini turut menjadi bagian dari gastrodiplomasi yang masih belum banyak digarap para pelaku usaha Indonesia,” kata Wakil Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest Adhi Santoso Handaru Mukti.

Menurut Adhi, letak geografis Hungaria yang berada di pusat Eropa menjadikannya lokasi hub perdagangan yang strategis bagi Indonesia ke kawasan Eropa Tengah dan Timur.

Paviliun Indonesia menghadirkan lima pelaku usaha asal Indonesia yang menampilkan produk kakao, turunan kelapa sawit, mentega putih (shortening), rempah dan herbal, makanan ringan, gula kelapa, minyak kelapa, serta jasa tenaga kerja.

Selain itu, turut bergabung dalam Paviliun Indonesia yaitu empat distributor Hungaria yang menawarkan produk kopi, turunan kelapa, dan perlengkapan hotel yang secara langsung di impor dari Indonesia.

Adhi berharap, SIRHA Budapest dapat mendorong para pelaku usaha Indonesia membuka pasar baru, membangun koneksi bisnis baru, bertemu langsung dengan calon pembeli potensial dan distributor baru, serta mempromosikan produk baru kepada calon pembeli.

“Para pelaku usaha Indonesia juga dapat bertukar pengalaman, membangun jejaring dan wawasan dengan para pelaku usaha lain yang hadir, meningkatkan visibilitas bisnis, serta menemukan tren pasar dan teknologi baru di industri makanan dan minuman (mamin) dan horeka di Eropa, khususnya di wilayah Eropa Tengah dan Timur,” ungkap Adhi.

Adhi menambahkan, untuk mengoptimalkan Paviliun Indonesia, ITPC Budapest telah menjalankan serangkaian publikasi partisipasi Indonesia pada SIRHA. Publikasi tersebut ditampilkan antara lain melalui on site digital signage, digital advertising di mal dan halte bis atau trem, majalah bisnis, media daring di harian lokal, hingga undangan khusus untuk pembeli dan importir di kawasan Eropa Tengah dan Timur.

SIRHA Budapest merupakan pameran internasional terbesar di Hungaria yang menampilkan produk sektor mamin dan horeka tiap dua tahun sekali yang menjadi platform promosi di wilayah Eropa Tengah dan Timur sejak 2016.

SIRHA Budapest diikuti berbagai negara antara lain Italia, Mesir, Prancis, Yunani, Austria, Polandia, Jerman, Lithuania, dan Rumania.

Eurostat mencatat, nilai total perdagangan Indonesia–Hungaria pada Januari–Oktober 2023 sebesar EUR238,44 juta atau naik 19,19 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari nilai tersebut, nilai ekspor Indonesia ke Hungaria sebesar EUR189,70 juta. Sedangkan, impor Indonesia dari Hungaria sebesar EUR48,74 Juta. Indonesia mencatatkan surplus EUR140,95 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + = ten