Rudi Voeller Diperpanjang Tugasnya, Ditengah Isu Nagelsmann Balik Ke Bayern

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Rudi Voeller disepakati perpanjangan kontraknya sebagai direktur olahraga tim nasional Jerman hingga akhir penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2026, federasi sepak bola Jerman (DFB) mengumumkan hari Senin (8/4/2024).

“Rudi Voeller akan tetap menjadi direktur olahraga timnas putra Jerman (atau berlanjut) sampai setelah (berlangsung) kompetisi Euro 2024,” tulis DFB dalam pernyataan di situs resminya.

Kesepakatan kontrak kerja mantan pemain timnas pemenang Piala Dunia FIFA 1990 telah diperpanjang hingga akhir edisi turnamen berikutnya di arena Piala Dunia mendatang Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko pada tahun 2026.

Voeller menikmati karir cemerlang bersama timnas Jerman baik sebagai pemain maupun pelatih, memenangkan Piala Dunia sebagai pemain, dan menjadi runner-up pada edisi 2002 sebagai pelatih.

Pria berusia 63 tahun itu mengambil alih peran direktur olahraga pada Februari 2023 — menggantikan Oliver Bierhoff setelah penampilan buruk Jerman di Piala Dunia 2022.

“Dalam 14 bulan terakhir dalam peran ini, saya menemukan bahwa posisi dengan tanggung jawab besar di DFB ini semakin dekat di hati saya setiap hari,” kata Voeller di situs DFB, seperti dikutip AFP.

“Apa yang mungkin dimulai dari rasa kewajiban terhadap Jerman, DFB, dan timnas telah berubah menjadi karya cinta pribadi bagi saya seiring berjalannya waktu,” imbuhnya.

Menurut direktur pelaksana olahraga DFB Andreas Rettig, federasi berharap perpanjangan kontak Voeller akan memberikan kesan positif pada pelatih kepala timnasi, Julian Nagelsmann yang juga ingin kami ajak bekerja sama dalam jangka panjang”.

Mantan pelatih Bayern Munich, Nagelsmann mengambil alih tugas kepelatihan timnas Jerman pada September 2023, setelah periode singkat di mana Voeller bertindak sebagai pelatih sementara menyusul kepergian Hansi Flick.

Pelatih masih berusia 36 tahun itu adalah kandidat pilihan Voeller untuk mengambil alih jabatan pelatih timnas Jerman, dan setelah awal yang sulit di hasil laga internasional, ia menyaksikan kemenangan laga persahabatan yang mengesankan melawan Prancis dan Belanda pada bulan Maret lalu saat persiapan Euro nanti.

Persetujuan kontrak Nagelsmann berlaku hingga akhir Euro 2024 yang diselenggarakan di Jerman pada 14 Juni hingga 14 Juli mendatang.

Namun belakangan kalangan pers Jerman simpang siur mengaitkan namanya dengan kemungkinan besar kembali berperan di Bayern sebagai pengganti Thomas Tuchel yang akan hengkang musim panas ini.

foto: Federico Gambarini/dpa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 8 =