Kolaborasi Masif Rifofo dan Gandhi Shiro untuk Evania

Agenda Baru Galeri Seni LEISURE TIME MOMENTUM Muziek! Reka Gaya

Fokuskini – Duo produser bersaudara yaitu Rifo Octavian (Rifofo) dan Gandhi Prasetya (Gandhi Shiro) kembali dengan singel berjudul Evania. Mencermati “Evania” seperti tidak terlepas dari dua pendahulunya, yaitu singel Evelyn (2019) dan Evita (2020). Selain judul singel seperti nama yang mengisyaratkan sosok perempuan, kiranya ada dua catatan tentang hubungan ketiga singel tersebut.

Pertama, pengerjaan musik Evania yang seperti Evita yaitu dilakukan di tempat-tempat yang berjauhan karena keadaan pandemi Covid-19 dan juga melibatkan tiga kolaborator. Para kolaborator dalam Evania yaitu penyanyi Agtadila (Dila) yang tergabung dalam band Sister and Soul, rapper Diztroya (Oya) dan penggiat seni tradisi Gusti Monita (Gami) merekam vokal di tempat masing-masing; Dila di Surabaya, Oya di Bogor dan Gami di Yogyakarta.

Kedua, penggambaran Evania dalam musik video juga dikerjakan di tempat masing-masing kolaborator. Selain Dila, Oya, Gami dan Wulan, kolaborasi juga melibatkan rapper DRT sebagai co-producer dan penulis lirik, serta Julian Romadhona (Dhona) sebagai sutradaranya. Evania dikerjakan secara masif dan padat demi untuk memperkaya muatan lagu.

Pengayaan karya yang dimaksud awalnya secara musik, namun tetap dengan pendekatan progresif. Evania meramu unsur musik tradisi dari Aceh dan Banyuwangi—yang dipadukan dengan nyanyian Dila yang mengesankan ketenangan, rap khas Oya yang bervariasi antara cepat dan santai, sampai vokal Gami yang terdengar magis. Visualisasi Evania turut melibatkan Iiq Gendhis, illustrator dari Surabaya yang membuat karya khusus untuk Evania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − eight =