Piala Dunia FIFA U-17: RI Otomatis Masuk Undian “Pot 1”

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Jadwal pengundian penyisihan grup Piala Dunia FIFA U17 telah ditentukan berlangsung pada Jumat malam mendatang (15/9/2023) mulai jam 21.00 WIB, disiarkan langsung secara streaming melalui digital platform FIFA, serta distribusi penayangan ke siaran televisi di Indonesia selaku tuan rumah penyelenggara.

Ke-24 negara yang lolos termasuk tuan rumah nantinya diundi ke dalam enam grup yang terdiri dari empat tim nasional. Dibagi menjadi empat pot, dan satu timnas dari setiap pot diundi ke setiap grup.

Semua timnas peserta telah dialokasikan pot mengikuti sistem poin berdasarkan penampilan mereka di lima Piala Dunia U-17 terakhir, dengan lima poin bonus ditambahkan ke masing-masing juara konfederasi saat ini yang memenangkan turnamen kualifikasi mereka untuk edisi 2023. 

Indonesia otomatis ditempatkan di Pot 1 sebagai tuan rumah. Prinsip umum FIFA adalah memastikan tidak ada grup yang memiliki lebih dari satu timnas dari konfederasi yang sama.

Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jepang; Pot 2: Jerman, Mali, Inggris, Korea Selatan, Argentina, Ekuador; Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, USA, Uzbekistan, Maroko; Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Venezuela, Polandia, Burkina Faso

Tahap pengundian sudah terpilih bakal dilakukan oleh Jaime Yarza, Direktur Turnamen FIFA, dengan Stephen Appiah; dan Julio Cesar – mantan pesepakbola dari negara juara dan finalis Piala Dunia U-17 FIFA – yang bertindak sebagai asisten.

Dua timnas teratas di masing-masing enam grup, bersama dengan empat timnas peringkat ketiga terbaik, dipastikan mencapai fase sistem gugur. 

Setelah itu kompetisi berlanjut ke laga babak 16 besar, perempat final, semi final, perebutan tempat ketiga, dan gelaran puncak final kejuaraan. (fifa.com/joj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

forty four + = 48