Timnas Arab Saudi Datangkan Spirit Yaya Toure Dampingi Mancini

Podium TakTik

Fokuskini – Yaya Toure telah bergabung dengan tim nasional Arab Saudi sebagai asisten pelatih, bergabung dengan mantan bosnya saat memimpin staf pelatih di Manchester City, Roberto Mancini.

Kabar baik ini memberi bonus tambahan jumlah bintang sepakbola Eropa yang kini bermain dan melatih di negeri kaya minyak.

Mancini menghabiskan karier empat tahun sebagai manajer Man City dari 2009 hingga 2013, membantu memenangkan gelar liga utama Inggris, Premier League pertama mereka pada 2011-12.

Dirinya merekrut Toure dari FC Barcelona pada tahun 2010, dan mantan bintang Pantai Gading itu menjadi legenda City saat ia memenangkan tiga gelar Premier League dan empat trofi lainnya selama delapan musim kerja di Etihad.

Setelah itu, sang Gelandang kemudian menghabiskan waktu bermain untuk Olympiacos, dan klub Tiongkok Qingdao Huanghai sebelum mengumumkan pensiun.

Seiring dengan masa kerjanya di Standard Liege (Belgia), ia juga pernah melatih di klub Ukraina, FC Olimpik Donetsk, FC Akhmat Gozny (Rusia) dan akademi Tottenham.

Toure bergabung dengan Standard Liege sebagai bagian dari staf kepelatihan Carl Hoefkens, Standard saat ini berada di urutan kedelapan di Liga Pro Belgia.

Mancini dan Toure dikenal memiliki keakraban selama mereka bersama di City, juga memenangkan trofi akbar pertama mereka dalam 35 tahun pada tahun 2011, ketika memenangkan Piala FA setelah Toure mencetak gol penentu kemenangan.

Mancini ditunjuk sebagai manajer Arab Saudi pada bulan Agustus lalu dengan kesepakatan yang dilaporkan bernilai USD25 juta per tahun, tulis allAfrica, setelah ia dadakan mengundurkan diri dari peran kepelatihannya di timnas Italia.

Selama membela Azzurri, Mancini membantu meraih kejayaan Euro 2020, namun tragisnya mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Di timnas Arab Saudi, Mancini belum memberikan pengaruh yang besar setelah hanya sekali seri dan kalah tiga kali dari empat pertandingan.

Ini termasuk kekalahan mengecewakan dari Kosta Rika, Korea Selatan dan Mali di dua jeda internasional sebelumnya.

Arab Saudi kembali beragenda laga lagi di pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Pakistan (16/11/2023) dan Yordania (21/11/2023).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + 1 =