“Anora” Peraih Penghargaan Tertinggi di FESTIVAL DE CANNES Tahun Ini

Galeri Seni Layar Info Podium

Fokuskini – Drama komedi karya sutradara Sean Baker, Anora dinobatkan sebagai pemenang penghargaan tertinggi Festival Film Cannes, Palme d’Or pada Sabtu malam lalu waktu setempat.

Ajang film bergengsi Prancis tersebut berakhir pada akhir pekan ini, dengan menyerahkan penghargaan tertinggi untuk film karya Baker menampilkan Mikey Madison berperan sebagai penari eksotis pekerja seks komersial yang memulai hubungan buruk dengan playboy, putra seorang oligarki Rusia.

Saat mengumumkan pemenangnya, ketua juri Cannes Greta Gerwig mengatakan, “Film khusus ini film yang sangat manusiawi yang memikat hati kita, membuat kita tertawa, mengajak kita berharap melampaui harapan dan kemudian menghancurkan hati kita dengan tidak pernah kehilangan pandangan akan kebenaran.”

Saat menerima anugerah tersebut, Baker mengatakan dirinya terguncang dan masih tidak percaya bahwa festival (film internasional penuh gengsi) tersebut “mengundang bayi kecil kami ke pesta dansa.”

Dalam pidatonya yang penuh semangat ia berjanji untuk “memperjuangkan sinema” untuk “menjaga sinema tetap hidup”, dan seraya menambahkan, “Ini berarti membuat film layar lebar yang ditujukan untuk bioskop (mengabarkan) dunia harus diingatkan bahwa menonton film di rumah sambil menelusuri ponsel Anda sambil memeriksa kiriman lewat surat elektronik bukanlah cara yang tepat — meskipun beberapa perusahaan teknologi ingin kita berpikir demikian.”

“Menonton film bersama orang lain di bioskop adalah salah satu pengalaman komunal yang luar biasa, kita berbagi tawa, kesedihan, kemarahan, ketakutan dan mudah-mudahan bisa melakukan katarsis dengan teman-teman dan orang asing – dan itu sakral,” tambah Baker.

Saat jelang penutupan festival, George Lucas dianugerahi Honorary Palme d’Or oleh rekan dan kolaboratornya, Francis Ford Coppola.

Penghargaan Prix d’Interprétation Féminine (Award for Best Actress) dibagikan masing-masing kepada para pemeran film komedi kriminal musikal Emilia Perez (film ini juga dianugerahi penghargaan Prix du Juryyaitu Karla Sofía Gascón, Zoe Saldana dan Selena Gomez; sementara Jesse Plemons memenangkan Aktor Terbaik untuk perannya dalam Kinds of Kindness karya sutradara Yorgos Lanthimos.

Sutradara Iran yang diasingkan, Mohammad Rasoulof, diberikan anugerah Special Prize untuk karyanya The Seed of the Sacred Fig.

Miguel Gomes yang menyutradarai Grand Tour dinobatkan sebagai Sutradara Terbaik. Debut film fitur penyutradaraan Payal Kapadia, All We Imagine as Light adalah penerima hadiah utama Grand Prix. (dari berbagai sumber)

foto: Christophe Simon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifty five + = sixty one